Berita

    Mengenal Tachometer Mobil dan Fungsinya

    Tahukah Anda bahwa untuk mengetahui tingkat keamanan laju sebuah mobil kita tidak hanya cukup memperhatikan angka pada alat speedometer? Ada satu alat lain, yang disebut tachometer mobil, yang berfungsi untuk mengukur kecepatan rotasi sebuah kendaraan. 

    Alat ini memiliki satuan rpm dan wajib diperhatikan agar pengemudi mengetahui apakah laju mobilnya melewati batas aman kecepatan. Tachometer juga tidak hanya digunakan pada mobil, tetapi juga pada mesin yang berotasi, termasuk pada pesawat dan alat-alat medis. 

    Diperhatikan dari fungsi tachometer pada mobil bisa diketahui bahwa alat ini merupakan pemandu pengoperasian kendaraan. Kendaraan akan melaju menurut rotasi statis bila pengendara berpedoman pada petunjuk di tachometer mereka. 

    Tachometer akan menginformasikan tingkat rotasi mesin saat mobil melaju sehingga pengendara mengetahui apakah mereka sudah melebihi ketentuan rotasi mesin maksimal dari pabrikan mobil. Memahami fungsi tachometer akan menjaga usia pemakaian mobil serta hemat bahan bakar.

    Jenis-Jenis Tachometer

    Ada beberapa jenis tachometer mobil yang saat ini beredar di pasaran. Berikut adalah beberapa jenis yang sering dijumpai:

            1. Tachometer Optik 

    Biasanya juga disebut non-contact. Kinerja tachometer optik menggunakan sensor foto yang menghadap ke arah batang atau jarum ukur yang memuat garis dan jalur. 

    Cara kerja tachometer optik dimulai dari ketika jarum mulai berputar dan sensor foro secara otomatis akan menghitung jumlah garis yang dilewati dan menghasilkan pulse. Kemudian, tachometer akan menghitung rangkaian counter dan hasilnya ditampilkan pada display.

            2. Tachometer Rotor Gerigi

    Dilengkapi dengan dua alat sensor, variable reluctance sensor (VRS), dan hall effect sensor (HES), tachometer jenis ini disusun dengan roda, gerigi pemutar, dan sebuah magnet khusus untuk pengukuran.

    Tachometer rotor bergigi menggunakan perputaran rotor untuk mengetahui hasil ukur. Pengukuran dilakukan dengan cara menghitung gerigi rotor yang melalui magnet. Energi yang dihasilkan dari gerakan tersebut kemudian menjadi gelombang kotak yang akan dijadikan sebagai patokan untuk mengetahui perputaran mesin.

            3. Tachometer DC

    Nama DC diambil dari jenis tegangan yang dihasilkan alat ukur ini. Tachometer jenis ini berupa generator yang berfungsi untuk memproduksi tegangan DC sesuai kecepatan batang.