Berita

    Ketahui Jenis Suspensi Pada Mobil

    Salah satu komponen mobil yang sangat penting adalah suspensi nya. Sayangnya, meski penting namun suspensi tidak bisa dilihat namun hanya bisa dirasakan. Hal ini yang membuat banyak orang enggan untuk memperhatikan suspensi kendaraan mereka.

    Suspensi sendiri sebenarnya cukup banyak jenisnya. Masing-masing suspensi pun memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Dan berikut adalah beberapa suspensi yang digunakan pada mobil

    • Suspension MacPherson

    Suspensi yang ditemukan oleh Earl MacPherson ini cukup umum digunakan pada mobil penumpang seperti MPV, LMPV dan sedan. Suspensi ini posisinya dibuat tegak lurus dan ditopang oleh shockbreaker.  Meski harganya terbilang terjangkau, suspensi ini terbilang cukup nyaman untuk digunakan karena bisa meredam guncangan dengan baik.

    • Suspensi Axle Rigid

    Suspensi Axle Rigid adalah suspensi yang digunakan khusus untuk roda bagian belakang mobil. Suspensi memiliki ciri khas yaitu adanya poros atau gardan dengan tampilan mencolok. Sebenarnya ada dua tipe dari suspensi jenis ini, yakni Axle Rigid dengan pegas dan per.

    • Suspension Double Wishbone

    Meski terlihat tidak berbeda jauh dengan suspensi MacPherson, suspensi ini memiliki kekuatan yang lebih. Pasalnya pada suspensi ini ada dua buah lengan ayun yang diberi nama lower arm dan upper arm. Fungsi dari lower arm dan upper arm adalah untuk menyeimbangkan roda ketika bergerak secara vertikal. Biasanya mobil berjenis crossover, SUV, double cabin menggunakan tipe suspensi ini.

    • Suspension Multi-Link

    Boleh dikatakan bahwa Suspension Multi-Link memiliki sistem yang cukup rumit. Pasalnya suspensi ini memiliki beberapa penghubung pada sistem komponen suspensinya. Penghubung ini memiliki peran sebagai lengan suspensi dengan jumlah lebih dari tiga buah. Penghubung-penghubung tersebut kemudian ditempatkan sedemikian rupa agar dapat menyerap getaran roda.

    • Suspension Torsion Beam

    Suspensi jenis ini sering juga dikategorikan sebagai semi-independen. Hal ini karena suspensi Torsion Beam merupakan pengembangan dari suspensi rigid namun dibuat dengan bentuk berbeda sehingga menghasilkan peredaman lebih maksimal.

    • Suspensi Rigid – Leaf Spring

    Mobil niaga yang diluncurkan pada tahun lama biasanya menggunakan suspensi Leaf Spring. Suspensi ini memiliki ciri yang terbilang kaku dan letaknya di roda belakang. Keunggulan dari suspensi ini adalah dari ketahanannya yang luar biasa.

    • Suspensi 3 Link - Rigid