Berita

    Featured Image

    Kenali Fungsi Ball Joint dan Tanda Kerusakannya

    Ball joint merupakan komponen suspensi bagian depan mobil yang memiliki peran sangat penting dalam kendaraan. Suspensi depan adalah perakitan kompleks antara ring, bearing dan part lain yang memungkinkan roda depan kendaraan Anda dapat bergerak ke atas, ke bawah, belok ke kiri dan ke kanan dengan sendirinya secara bersamaan.

    Fungsi ball joint suspensi adalah untuk memaksimalkan kenyamanan ketika ban mobil bertemu dengan jalan untuk mengontrol kendaraan dengan optimal.

    Terdiri dari bola dan soket yang bentuknya mirip dengan sendi pada tubuh manusia. Fungsinya yaitu memberikan gerakan antara steering knuckles dan control arm agar pada saat berkendara akan terasa aman dan nyaman juga memungkinkan Anda mengontrol kendaraan dengan tepat.

    Peran yang dimilikinya sangat penting, selain itu komponen ini harus mampu menopang seluruh berat kendaraan. Umumnya beberapa kendaraan memiliki empat buah, dua diantaranya menghubungkan setiap roda depan.

    Dalam kebanyakan kasus, berat kendaraan terletak sepenuhnya pada sambungan bagian bawah yang dilengkapi dengan pegas. Itu mengapa komponen ini paling cepat aus.

    Ketika Anda memutar kemudi untuk menggerakkan kendaraan ke kanan dan ke kiri, disitu jugalah komponen ini ikut berputar. Untuk memaksimalkan kinerjanya Anda perlu melumasi komponen ini secara rutin. 

    Bagian-Bagian di Dalamnya

    • Metal housing 

    Berfungsi menahan  kotoran dan menahan stud dengan menggunakan gerak putar

    • Stud

    Berfungsi menahan serta mengikat control arm atau poros roda. 

    • Boot

    Berfungsi menutup komponen ini agar kotoran tidak dapat masuk

    • Seat

    Berfungsi sebagai dudukan stud yang menopang pergerakannya. Gesekan yang terjadi akan sangat tinggi sehingga membutuhkan pelumas.

    • Springs

    Berfungsi sebagai penahan dari stud dan seat. Memastikan bagian tersebut tetap pada tempatnya

    Karena tugas dan fungsi ball joint cukup berat terutama jika kendaraan Anda sering digunakan, tidak ada salahnya Anda mengetahui tanda-tanda jika terjadi kerusakan. 

    Ada 6 tanda kerusakan yang mudah Anda ketahui, yaitu: 

    1. Roda bagian depan terasa tidak kokoh saat digunakan
    2. Terdengar suara berdecit pada ban ketika Anda hendak berbelok
    3. Ketika melewati jalan yang tidak rata, akan terdengar suara seperti gemuruh
    4. Bagian luar ban akan terasa aus tidak rata 
    5. Kesulitan mengendalikan kendaraan ketika sedang berada di jalan
    6. Karet penutup (boot) cepat atau sudah robek